Analisis Kegiatan CSR

PT. DANONE AQUA

 Pendahuluan

Program “1L Aqua untuk 10L Air Bersih” Binahidra Logiardi, Sustainable Development & Social Responsibility, DANONE AQUA, menjelaskan ” Air merupakan kebutuhan mendasar bagi kita semua, namun tidak semua orang bisa mengakses air bersih dalam kehidupannya sehari-hari. Banyak daerah di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, yang mengalami kesulitan untuk memperoleh air dikarenakan topografi daerah tersebut membutuhkan sistem infrastruktur pasokan air bersih untuk memungkinkan masyarakat sekitar agar dapat mengakses air bersih tersebut. Selain akses air bersih, sanitasi, kesehatan lingkungan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera juga merupakan hal penting, kesemuanya ini saling terkait. Air merupakan kehidupan, sanitasi merupakan martabat, keduanya mendukung tercapainya kesehatan lingkungan yang berkesinambungan yang pada akhirnya juga akan memberi kontribusi pada tercapainya pengembangan kesejahteraan masyarakat dunia”.

Binahidra menambahkan, “AQUA memiliki program CSR yang disebut WASH (Water Access, Sanitation, Hygiene Program) yang bertujuan untuk meningkatkan lingkungan bagi masyarakat pra-sejahtera. Melalui program WASH, AQUA berkontribusi secara aktif dan berkelanjutan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penyediaan air bersih di Indonesia”. Salah satu program WASH adalah program Satu untuk Sepuluh ini. Program Satu untuk Sepuluh sejalan dan mendukung program Millenium Development Goals (MDGs) yang dicanangkan oleh PBB guna memerangi kemiskinan dan kelaparan di berbagai belahan dunia dengan target di tahun 2015.

Teori

Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR)

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep yang mengajarkan bahwa suatu organisasi/perusahaan memiliki tanggung jawab tidak hanya pada kondisi finansial saja, tetapi juga terhadap pihak-pihak yang memiliki kepentingan atas perusahaan tersebut, seperti konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan, dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Dengan menganut konsep ini, sebuah perusahaan tidak hanya terpaut terhadap tujuan finansial saja, tetapi juga memiliki peran yang sangat penting dalam ikut menyejahterakan kehidupan orang banyak.

Alasan melibatkan CSR dalam operasional perusahaan :

  • Sumber Daya Manusia

Salah satu perusahaan melaksanakan CSR adalah untuk menarik SDM yang memiliki antusias yang sama dalam bidang sosial untuk membantu masyarakat. Dengan tujuan yang sama, maka dalam menjalankan usahanya, dapat berjalan lancar, karena            perusahaan dan karyawannya memiliki tujuan yang sama, yaitu bukan hanya profit, tetapi juga kontribusi terhadap kesejahteraan banyak orang.

  • Manajemen Risiko

Risiko dapat diperkecil dengan menggunakan konsep CSR dalam operasional, karena sistem yang digunakan cenderung transparan, sehingga risiko untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum juga akan berkurang, seperti KKN, pencemaran lingkungan dan sebagainya.

  • Membedakan Merk

Perusahaan bisa menggunakan CSR untuk menciptakan loyalitas konsumen karena konsumen seperti dasarnya manusia, memiliki sifat sosial dan simpati terhadap lingkungan. Dengan memperhatikan tujuan perusahaan, konsumen jadi tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan tersebut, karena kedua pihak memiliki paham yang sama dalam bidang sosial dan lingkungan.

  • Izin Usaha

Dengan menerapkan CSR, maka perusahaan akan mendapatkan image sebagai perusahaan yang tidak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga sebagai perusahaan yang peduli terhadap kondisi sosial dan lingkungan, baik domestik maupun global. Dengan image seperti itu, perusahaan mendapatkan lebih banyak kemudahan dalam mendapat izin dari pemerintah untuk beroperasi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Analisis

Menurut penulis kegiatan ini sudah terspesifikasi dengan jelas, dimana Aqua mengupayakan program pengadaan air bersih bagi masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan iar bersih yaitu di Timor Tengah Selatan, NTT. Progaram ini sesuai dengan citra produk yang dihasilkan Aqua yaitu air mineral. Sudah selayaknya Aqua sebagai sebagai salah satu produk air mineral terkemuka di Indonesia melakukan program CSR yang berhubungan dengan produk yang diproduksinya, yaitu air. Mengingat air bersih merupakan salah satu komoditas utama yang sangat penting bagi masyarakat luas.

Namun, masih banyak daerah di Indonesia yang ke­sulitan mendapat akses air bersih. Pa­dahal, air bersih merupakan faktor pen­ting untuk mewujudkan hidup sehat. Di beberapa daerah di Nusa Tenggara Ti­mur masih banyak warganya yang me­ng­alami kelangkaan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, tak jarang mereka harus berjalan kaki dengan jarak yang jauh. Alhasil, banyak anak-anak yang kehila­ng­an waktu bermain karena harus meng­am­bil air. Di salah satu desa di Timor Tengah Se­la­tan (TTS), Nusa Tenggara Timur, jarak sumber air dengan rumah penduduk sa­ngat jauh.

Referensi

http://desiwajarningtias.blogspot.co.id/2014/11/contoh-perusahaan-yang-melakukan-csr.html

http://idazahro.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-csr-manfaat-bagi-masyarakat.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s