Menumbuhkan RAsa Cinta Terhadap Tanah Air

LESTARIKAN BUDAYA INDONESIA

PENDAHULUAN

Latar Belakang

          Budaya adalah suatu warisan dari leluhur atau nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya. Negara Indonesia disebut Negara maritim karena dikelilingin oleh banyak pulau, budaya Indonesia sangat banyak dan beraneka ragam,budaya itulah yang seharusnya kita jaga dan kita lestarikan agar tidak punah ataupun diclam oleh Negara lain.

Rumusan Masalah

            Macam-macam kebudayaan yang menjadi beberapa karya seni dan bagaimana cara atau upaya untuk melestarikan budaya Indonesia.

PEMBAHASAN

          Negara Indonesia yang sangat kaya, unik dan juga beraneka ragam suku bangsanya, saat ini banyak sekali budaya kita yang diakui oleh Negara – Negara lain, sekarang saatnya kita untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.Kebudayaan merupakan cermin dari suatu bangsa, dimana  kebudayaan suatu bangsa dapat dikenal oleh seluruh dunia, tinggal bagaimana kita melestarikan suatu kebudayaan yang kita miliki sekarang, jaman moderenisasi tidak harus menggilas kebudayaan yang sudah ada yang menjadi kebanggaan kita dari dulu, tapi bagaimana jika tren moderenisasi yang harus mengikuti kebudayaan kita, itu yang harus dipikirkan bersama oleh semua pihak. Indonesia sudah sangat dikenal dengan berbagi kebudayaannya, karena Indonesia memiliki beragam suku yang juga memiliki beragam kebudayaan yang berbeda-beda dari setiap sukunya.

          Di Indonesia kebudayaan dapat terbagi menjadi beberapa karya seni, seperti Tarian, Pakaian adat, Makanan khas dan masih banyak lagi. Di daerah jawa banyak dihuni oleh suku jawa, namun setiap daerah dijawa juga memiliki kebudayaan yang berbeda tapi agak mirip. Seperti seni tarian, pakaian adat dan makanan Khas daerah masing – masing. Di daerah Sumatra juga memiliki banyak kebudayaan pada setiap daerahnya dan begitu juga di daerah – daerah di Indonesia lainnya.

          Melestarikan budaya dimana tempat kita dilahirkan merupakan salah satu cara kita untuk menunjukan bahwa kita mencintai tanah air kita yaitu Indonesia. Banyak kebudayaan kita yang diakui oleh Negara – Negara tetangga. “apakah kita rela?”, jawabannya tentu tidak, maka dari itu kita harus tetap melestarikan budaya kita. Janganlah kita terlena dan mengikuti budaya luar, yakinlah dengan budaya kita sendiri dan jangan gengsi dengan budaya yang kita miliki.kita sebagai pemuda Indonesia wajib menjaga dan melestarikan kekayaan budaya negara kita sendiri.  Berikut ini cara atau upaya yang dapat kita lakukan untuk melestarikan budaya Indonesia :

1. Kenali kebudayaan Indonesia

          Ada pepatah bilang‘tak kenal maka tak sayang’ ini berlaku juga dalam kebudayaan. Buat sayang sama kebudayaan, pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengenali kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang begitu banyaknya. Caranyadengan kita bisa browsing di internet, baca buku, atau dateng ke tempat wisata/sanggar kebudayaan, dan dengan cara lainnya.

2. Mengikuti kegiatan/event pelestarian budaya.

          Sama kayak PDKT sama gebetan nih, habis kenal terus main ke rumahnya atau ajak jalan. Nah kalau buat kebudayaan, setelah kita kenal sama kebudayaan sekarang kita sering-sering main ke event-event kebudayaan atau tampil di acara kesenian. Buat lebih akrab lagi, bisa juga kita jadi volunteer di event itu. Kita juga punya kesempatan buat kenalan sama senimannya. Kalau kita bisa punya kesempatan nampilin kebudayaan Indonesia, secara gak langsung kita mempromosikannya, semakin banyak yang liat bakal semakin dikenal kebudayaan kita.

3. Mengajari penerus agar budaya kita tidak dimakan oleh zaman.

          Jikasudah kenal dan nekunin kebudayaan, jangan disimpan sendiri ilmunya. Kita bisa mengajarin juga ke orang lain. Misalnya jadi guru tari di sanggar atau jadi guide di museum kebudayaan. Jadi kita bisa nyebarin kebudayaan kita ke orang lain. Siapa tau mereka juga ikut ambil dalam melestarikan kebudayaan bareng kita.

4. Tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing.

          Di era globalisasi sekarang ini kita gak mungkin nutup diri akan kebudayaan luar. Semakin kita menutup diri malah semakin kita ketinggalan. Nah untuk menerima kebudayaan luar tapi juga tetap menjaga kebudayaan Indonesia, kita perlu bikin filter, jadi kebudayaan luar yang masuk kita saring, terus ambil yang baik dan buang yang buruk. Gak perlu kita serap semuanya. Dari yang baik itu kita bisa belajar dan mungkin saja bisa kita kembangkan dengan kebudayaan kita. Dan suka kebudayaan luar itu boleh banget asal tetep ingat kalau kita punya kebudayaan yang gak kalah keren yang harus kita kembangin.

KESIMPULAN

          Jadi, kita sebagai generasi muda dan generasi penerus alangkah baiknya jika kita ikut melestarikan warisan dari leluhur nenek moyang kita yaitu kebudayaan indonesia kita ini, agar budaya-budaya kita ini tidak di ambil atau di clam oleh negara lain, karena negara indonesia kita ini sangat banyak kebudayaannya seperti Tarian, Pakaian adat, Makanan khas dan masih banyak lagi. Di daerah jawa banyak dihuni oleh suku jawa, namun setiap daerah dijawa juga memiliki kebudayaan yang berbeda tapi agak mirip. Seperti seni tarian, pakaian adat dan makanan Khas daerah masing – masing. Di daerah Sumatra juga memiliki banyak kebudayaan pada setiap daerahnya dan begitu juga di daerah – daerah di Indonesia lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s