Demokrasi Indonesia Mau di Bawa Kemana ?

BUDAYA GOLPUT DI DALAM PEMILU

BAB I

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

      Golput (golongan putih) adalah suatu tindakan untuk tidak memilih dengan tidak menggunakan hak suaranya di dalam pemilihan umum. Fenomena golput seringkai di iringi dengan gerakan protes terhadap penyelenggaraan pemilihan umum dan pilkada, namun perlu kita diketahui dari gerakan ini adalah makna dan sasaran yang ingin dicapainya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahwa hingga sekarang ini masih tetap ada golput yang memberikan suara berbeda, ini suatu tanda zaman, ada apa dengan dinamika demokrasi kita? Suara berbeda atau yang di kataan dengan tidak mencoblos salah satu dari tanda gambar organisasi peserta pemilu, salah satu pasangan calon kepala daerah atau calon legislatif, tentu ini bukan saja tanpa kesadaran dan pertimbangan yang baik dan benar.

Rumusan Masalah

  1.       Penyebab seseorang melakukan golput dalam pemilu
  2.       Bagaimana parpol dalam melakukan kecurangan dalam pemilu

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

      Dalam negara ini tentu setiap orang diberi hak untuk memilih dan dipilih. Golput juga disebut dengan pilihan oleh sebagian orang yang mendukungnya, tetapi golput juga bisa di katakan sebagai masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Politik dan keterlibatan masyarakat di dalam memang banyak disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, salah satunya yaitu tingkat pendidikan seseorang yang sangat berpengaruh, liat saja orang yang sebagian besar hidupnya dalam pendidikan rendah dan ekonominya sulit, biasanya mereka sangat antusias dalam mengikuti kampanye. Karena biasanya di dalam kampanye tersebut terdapat money politic yang membuat mereka ikut bergabung. Kebutuhan akan uang dan kebutuhan pokok yang menjadi incaran para pencari kesempatan dalam kampanye politik.

     Sebenarnya masalah golput merupakan fenomena yang alamiah di setiap penyelenggaraan pemilu dimanapun. Hampir setiap pemilu jumlah golput selalu ada bahkan ada kecenderungan meningkat walaupun tidak terlalu banyak.

Penyebab seseorang melakukan golput dalam pemilu adalah : 

  1. Merupakan tindakan sadar untuk tidak memilih (golput) karena golput sebagai pilihan politiknya karena kurangnya kepercayaan terhadap calon kandidat.
  2. Sebagai bentuk protes masyarakat dan keputus asaan masyarakat dengan janji pemerintah yang tidak pernah direalisasi, sehingga rakyat terlanjur pesimis.
  3. Kurangnya informasi tentang pemilu, yang disebabkan kurangnya sosialisasi tentang pemilu.
  4. Adanya upaya dari pihak tertentu, yang sengaja atau tidak sengaja, yang sifatnya menghalangi atau membuat seseorang sulit dapat menggunakan hak pilihnya.

       Kenapa Golput terjadi pada setiap Pemilu? Karena golput merupakan tindakan seseorang yang disebabkan oleh parpol itu sendiri. Kebanyakkan parpol melakukan kecurangan dengan cara mengurangi biaya pembelian suara. Kelompok yang golput bisa jadi menguntungkan parpol yang terbiasa tebar uang dan hadiah. Di daerah-daerah yang dikurang strategis dari segi potensi atau tidak lebih menguntungkan dalam jangka panjang, tidak akan terlalu serius diurus karena keterbatasan dana. Bisa jadi ada, namun tidak terlalu banyak.

       Fokus pada daerah-daerah strategis dan potensial. Karena alasan budget juga, parpol cenderung memfokuskan pada daerah-daerah kaya potensi. Masyarakat daerah tersebut yang masih menengah ke bawah akan menjadi sasaran money politics. Sedangkan yang menengah ke atas didekati dengan rekruting menjadi caleg atau iming-iming proyek di masa kemenangannya.  Intinya jangan sampai ada golput dan pilihan partai lain di daerah tersebut karena fokus anggaran partai sudah ditetapkan. Oleh karena itu secara umum, parpol yang memiliki budget tinggi adalah mereka yang paling berpotensi memenangkan perang gaya ini.

 

BAB III

PENUTUP

       Golput merupakan tindakan tidak memilih dengan tidak menggunakan hak suaranya pada pemilihan umum, namun golput juga bisa di katakan sebagai maaalah sosial. Politik dan keterlibatan masyarakat yang menjadi salah satu penyebab golput, karena di dalam kampanye parpol biasanya terdapat money politik yang menjadikan rakyat terlibat dan enggan menggunakan hak suaranya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s